Hati-hati! Masalah Kulit Ini Bisa Muncul Akibat Stres


Saat tugas kantor atau kuliah menumpuk, pastinya ini membuat Beauties pusing dan stress. Ditambah dengan masalah-masalah lain yang belum diselesaikan.


Ternyata, stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang membuat kulit lebih berminyak loh Beauties. Sehingga, kulit akan rentan terkena masalah karena minyak berlebih tersebut. 


Berikut beberapa masalah kulit yang timbul akibat stres:


1. Jerawat


Produksi minyak yang berlebih dapat memicu komedo dan jerawat. Selain itu, saat stres mungkin kamu akan lupa merawat kulit, sehingga jerawat jadi mudah muncul.


2. Biduran

Saat mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan zat kimia neuropeptida dan neutritransmitter yang mengubah respon tubuh, sehingga kulit akan menjadi lebih sensitif dan rentan alergi berbentuk biduran.


3. Eksim

Eksim biasanya ditandai dengan kulit yang menjadi merah, gatal, bersisik, bahkan menebal. Nah, salah satu penyebabnya adalah stres yang dapat memicu peradangan kulit dan menimbulkan eksim.


4. Psoriasis


Psoriasis merupakan salah satu masalah kulit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Biasanya, penderita psoriasis akan menemukan bercak merah pada kulit yang bersisik dan gatal. 


Selain pemicunya adalah stres, kondisi psoriasis dapat memburuk pada sebagian orang yang biasa menggaruk kulit saat stres meskipun tidak gatal. 

Dari beberapa masalah kulit di atas, pastinya Beauties gak mau dong mengalaminya? Oleh karena itu, berikut beberapa cara mencegah masalah kulit yang timbul saat Beauties mengalami stress:

  • Mejaga kebersihan kulit

Salah satu cara tepat untuk mencegah masalah kulit tersebut adalah dengan rutin membersihakan wajah setelah beraktivitas seharian. Kamu bisa menggunakan Day Off Cleansing Balm yang direncang mampu mengangkat kotoran dan sisa makeup tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit. 

  • Konsumsi makanan bergizi

Pilihlah makanan cemilan yang begizi saat kamu sedang stres, misalnya popcorn homemade, kacang, salad sayur, atau buah.

  • Cukupi kebutuhan tidur

Saat tidur, tuuh akan memperbaiki jaringan kulit yang rusak, sehingga dapat mencegah dari masalah kulit tersebut. Waktu tidur malam yang ideal adalah selama delapan jam.